Memeriksa Error Pada File MYOB – Verifikasi

Verifikasi adalah salah satu upaya agar data file MYOB perusahaan Anda terhindar dari error. Sebenarnya ada banyak aspek kenapa terjadi error pada data file MYOB perusahaan. Error pada data file MYOB perusahaan bisa terjadi karena cara keluar dari program aplikasi MYOB yang tidak semestinya, seperti langsung mematikan komputer tanpa keluar terlebih dahulu dari program aplikasi MYOB. Penyebab lainnya bisa juga terjadi karena listrik mati saat Anda sedang mengoperasikan program aplikasi MYOB, dan masih banyak lagi.

Untuk menghindari hal ini terjadi sebaiknya Anda secara rutin melakukan verifikasi data file MYOB perusahaan Anda, misalkan sekali seminggu, sekali dua minggu dan sebagainya. Hal ini tergantung banyaknya transaksi yang Anda lakukan. Dengan melakukan pengecekan error pada data file MYOB perusahaan secara rutin dan teratur, diharapkan masalah serius yang terakumulasi dari masalah-masalah kecil bisa teratasi segera.

Bila Anda telah men-setup verify company file, maka setiap masuk ke program aplikasi MYOB Anda akan ditanya apakah mau melakukan verify company file atau tidak. Tetapi bila Anda belum men-setup verify company file, berikut cara manual yang perlu Anda lakukan:

1.    Aktifkan data file MYOB perusahaan Anda yang akan dicek, dan pastikan file MYOB perusahaan sudah berada pada  Command Centre.

2.    Klik File pada menu baris, kemudian klik Verify Company File, jendela konfirmasi ditampilkan.

3.    Klik tombol OK untuk mengkonfirmasi bahwa Anda ingin melakukan verify company file perusahaan, lalu proses pengecekan error pada data file MYOB perusahaan dilakukan. Lihat gambar berikut:

verifikasi-data-file-myob

4.    Bila proses verify company file perusahaan selesai, sebuah pesan ditampilkan yang menjelaskan hasil proses yang telah dilaksanakan.

5.    Jika tidak ditemui data yang error pada data file MYOB perusahaan, klik tombol OK. Selanjutnya kembali ke Command Centre.

6.    Seandainya terdeteksi ada yang error pada data file MYOB perusahaan, klik tombol OK untuk mengakhiri proses verify company file perusahaan, kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Perbaiki file perusahaan dengan melakukan optimasi file perusahaan, kemudian ulangi langkah 2 untuk pengecekan apakah masih ada error pada data file MYOB perusahaan. Bila error pada data file MYOB perusahaan sudah tidak ditemukan berarti Anda bisa menggunakan file tersebut untuk pengoperasian selanjutnya.
  • Bila proses optimasi gagal. Restore file perusahaan Anda dari backup file yang terbaru.

Semoga bermanfaat ;)

Anda boleh meng-copy artikel diatas dengan syarat mencantumkan link berikut sebagai sumbernya:  http://asroelkamal.com/memeriksa-error-pada-file-myob-verifikasi/

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *